Tradisi dan Mitos Pernikahan Hantu Nyata Ada Di China

Advertisement
Mitos Pernikahan Hantu - Pernah nonton film Hantu mandarin di televisi? Dimana hantu-hantu tersebut bergentayangan dan ada juga mayat yang hidup kembali dan menjadi hantu. Budaya dan kepercayaan orang Cina sangat tinggi terhadap roh dan hantu. Bahkan ada satu tradisi yang dinilai aneh yaitu pernikahan Hantu. Apa itu pernikahan hantu? Memakai konsep dua roh yang dinikahkan. Ternyata Tradisi dan mitos pernikahan Hantu nyata ada di Cina. Bahkan praktek ini telah dilakukan sekian lama karena kepercayaan mereka kuat akan hal ini. Untuk lebih jelasnya apa itu pernikahan hantu silahkan baca ulasan di bawah ini.

Pernikahan hantu atau perkawinan roh dan arwah

Tradisi Pernikahan Roh

Ada Sebuah tradisi yang kuat yaitu untuk menikahkan orang yang telah mati yang disebut juga tradisi “Pernikahan Hantu” (di kenal dengan sebutan mínghūn yang artinya secara harfiah adalah Perkawinan Roh).
Alasan tradisi ini dilaksanakan biasanya untuk mengurangi angka wanita yang belum menikah agar bisa melanjutkan garis keturunan keluarga ataupun untuk menghindari adik menikah duluan daripada sang kakak.
Apalagi menurut tradisi setempat bahwa orang yang sudah meninggal dan belum pernah menikah ataupun bertunangan menjadi hal yang memalukan bagi keluarganya. Selain itu, hal ini juga disebabkan faktor keturunan dari orang yang meninggal itu menjadi arwah penasaran dan tidak tenang karena orang tersebut belum memiliki tunangan ataupun menikah.

Pernikahan Arwah

Ada juga pernikahan yang sering dibentuk oleh permintaan sang almarhum itu sendiri, yang telah menemukan sendiri pasangannya di akhirat dan meminta dinikahkan. Biasanya permintaan itu muncul melalui mimpi atau pemanggilan arwah.

Menurut cerita dari keluarga, Hal ini terjadi karena dianggap arwah penasaran sang anak, seolah-olah menyalahkan pihak keluarga karena tidak mencarikan jodoh sebelum kematiannya. Jadi, untuk ‘membebaskan’ rasa penasaran arwah tersebut, maka pihak keluarga harus mencarikan arwah wanita untuk dinikahkan.

  
Oleh karena itu, Ini menjadi tugas penting bagi orang tua untuk menikahkan anak-anak mereka terutama bagi anak perempuan mereka. Karena seorang wanita yang meninggal sebelum menikah dan tidak memiliki keturunan, tidak akan ada orang yang menyembah dirinya atau mengurusnya sebagai bagian dari garis keturunan keluarganya.

tradisi Pernikahan hantu atau arwah

Setelah pernah dilarang di zaman Ketua Mao Zedong, kini ‘pernikahan hantu’ kembali banyak di China. Mayat-mayat perempuan pun dicuri dan dijual untuk menjadi pengantin mayat laki-laki bujangan yang hendak dikuburkan.

Di beberapa wilayah China, ada tahayul yang berkembang bahwa nasib paling buruk bagi laki-laki adalah meninggal dalam keadaan bujangan. Untuk mencegah semua kemalangan ini, biasanya keluarga akan mengadakan pernikahan hantu atau pernikahan mayat.

tradisi Pernikahan arwah lewat media boneka mirip orang meninggal

Cara yang dilakukan adalah dengan mencari perempuan yang sudah mati. Kemudian, mayat perempuan itu akan diberi pakaian layaknya sang pengantin yang dikubur di samping mayat laki-laki bujang itu.

Dengan seiring berjalannya waktu, praktek pernikahan hantu ini kembali terjadi di beberapa pedesaan di Provinsi Shanxi, Provinsi Henan Utara, dan Provinsi Shaanxi. Kemungkinan ada orang yang mencari keuntungan dalam praktek seperti ini.

Advertisement

 

Copyright © Koleksi Foto Artis